5 Tips Memilih Dokter Spesialis Penyakit Dalam saat Konsultasi di SehatQ


Layanan kesehatan online saat ini semakin diminati. Telemedicine menjadi salah satu fitur yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan terbaik. Lewat layanan kesehatan online ini pula Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis, seperti dokter spesialis penyakit dalam.

Tips Memilih Dokter

Jika ingin melakukan konsultasi secara online, maka pilihan dokter yang tepat akan sangat berperan penting. Anda sebaiknya teliti dalam memilih agar bisa bertemu dengan dokter yang tepat. Berikut adalah 5 tips memilih dokter penyakit dalam yang tepat saat melakukan konsultasi online:

1. Pilih Dokter yang Berpengalaman

Agar konsultasi bisa berjalan lancar dan Anda merasa lebih yakin, maka pilihlah dokter yang sudah berpengalaman. Semua dokter memang sudah memiliki kompetensi dan lulus ujian sehingga sudah pasti bisa dipercaya. Namun, tak ada salahnya untuk memilih dokter yang pengalamannya sudah banyak sehingga membuat Anda merasa lebih yakin.

Biasanya layanan konsultasi online akan menyediakan informasi profil dari dokter yang terlibat. Dari profil tersebut Anda bisa mengetahui bagaimana pengalaman dokter yang akan dipilih. Lewat profil singkat Anda juga bisa sedikit mengenali dokter yang nantinya akan melakukan tanya jawab dengan Anda.

2. Cari Sesuai Spesialisasi

Pilihlah dokter yang spesialisasinya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Misalnya untuk dokter spesialis penyakit dalam, lingkup spesialisasinya saja ada bermacam-macam. Mulai dari pulmonologi, kardiovaskular, reumatologi, hematologi, dan lain sebagainya. Coba cari tahu mana spesialisasi bidang yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi diri Anda.

3. Minta Rekomendasi Teman

Jika Anda tak ingin salah pilih dokter dan membuang uang untuk sesi konsultasi online, maka carilah rekomendasi. Mungkin akan sulit untuk menebak mana dokter yang bisa memberi Anda kenyamanan saat berkonsultasi. Anda bisa bertanya pada teman yang terbiasa menggunakan layanan konsultasi online.

Tanyakan kepada mereka dokter penyakit dalam mana yang bisa diajak berkonsultasi layaknya sahabat. Hanya saja rekomendasi ini hanya sebatas memberi pilihan. Setiap orang pasti memiliki tingkat rasa nyaman yang tak sama. Bisa saja dokter yang baik di mata teman Anda justru tidak membuat Anda merasa nyaman saat berkonsultasi.

4. Ikuti Rekomendasi Aplikasi

Jika ingin melakukan konsultasi kesehatan online, maka pilihlah aplikasi yang tepat. Saat ini tersedia beragam aplikasi kesehatan online yang menawarkan fitur-fitur bermanfaat. Jika Anda sudah menemukan pilihan aplikasi, maka ikutilah rekomendasi dari aplikasi tersebut. Biasanya akan diberikan rekomendasi dokter penyakit dalam yang terbaik untuk Anda.

Pada dasarnya semua dokter yang memberi layanan di aplikasi kesehatan online sudah melalui proses seleksi. Tentu semua dokter akan memberikan kenyamanan dan pelayanan yang terbaik. Jadi, ikuti saja rekomendasi dari aplikasi yang Anda pakai agar lebih hemat waktu.

5. Pilih Dokter yang Dikenal

Jika ingin lebih mudah lagi, maka cobalah untuk memakai jasa dokter yang sudah Anda kenal. Tentu hal ini hanya bisa dilakukan jika memang ada kenalan dokter yang bekerja di aplikasi kesehatan online pilihan Anda. Anda juga pasti akan merasa lebih yakin jika berkonsultasi dengan orang yang sudah dikenal. Layanan konsultasi jadi lebih memuaskan dan Anda bisa melanjutkan konsultasi di luar aplikasi juga.

Itulah tadi 5 tips memilih dokter penyakit dalam di layanan kesehatan online. Anda bisa menggunakan aplikasi SehatQ untuk menemukan dokter online dengan kualitas terbaik. SehatQ menyediakan fitur chat dokter yang akan menghubungkan Anda dengan dokter-dokter kompeten di Indonesia.

Sumber:

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/tips-memilih-dokter-internis-terbaik/

http://www.pgbulletin.com/tips-memilih-dokter-spesialis-yang-tepat/

https://www.liputan6.com/health/read/3924196/mengenal-dokter-spesialis-penyakit-dalam-dan-macam-penyakit-yang-ditangani

Posting Komentar

0 Komentar