Jangan Dianggap Sepele, Keberadaan Tikus di Rumah Ternyata Berbahaya


Tikus atau hewan pengerat merupakan salah satu mamalia yang banyak berada di persawahan, kebun maupun rumah. Sebagai hewan omnivora, tikus memakan segala makanan atau bahkan benda yang bisa dikerat oleh gigi mungilnya. Keberadaan tikus di rumah sangat mengganggu, terlebih aroma kotorannya yang menyengat dan tidak sedap. Jasa basmi tikus atau memberikan jebakan untuk tikus menjadi salah satu upaya untuk mengurangi jumlahnya. 

Keberadaan tikus di rumah juga bisa mengundang datangnya pemangsa tikus seperti ular. Apabila ular berbisa masuk ke dalam rumah tentu hal tersebut membahayakan keselamatan Anda dan keluarga. Keberadaan tikus sendiri sudah sangat menyusahkan. Sebab tak jarang tikus mengerati bahan makanan seperti beras hingga pakaian yang sudah rapat di simpan lemari. 

Tikus Menyebabkan Penyakit

Pakaian yang disimpan di dalam lemari atau barang-barang yang disimpan di gudang dapat ludes oleh tikus. Selain merugikan dari segi perlengkapan rumah, tikus juga dapat menyebabkan berbagai penyakit untuk manusia. Apalagi tikus dapat dengan mudah mendekati Anda dan keluarga terutama saat Anda tidur pulas di tengah malam. Berikut ulasan terkait bahaya tikus di rumah Anda:

1. Pes

Jenis penyakit pes ini sebenarnya tidak hanya dibawa oleh tikus melainkan hewan pengerat lain yang membawa bakteri Yersina pestisia. Bakteri tersebut tidak langsung berada pada tubuh tikus, melainkan pada kutu tikus. Kutu tikus tersebut akan menyebarkan bakterinya ketika tikus menggigit tubuh Anda yang biasanya mengagetkan. Membengkaknya kelenjar getah bening pada ketiak dan leher merupakan gejala penyakit ini.

2. Leptospirosis

Sebisa mungkin hindari air kencing tikus. Sebab jika Anda bersentuhan langsung dengan air kencing tersebut maka bakteri yang ada di dalam air kencing dapat menyebabkan penyakit leptospirosis.

Bahayanya, penyakit ini dapat berkembang lebih parah merusak ginjal dan radang selaput pada otak. Sehingga akan lebih baik segera membasmi tikus melalui jasa basmi tikus terdekat yang ada di lingkungan rumah Anda.

3. HFRS

Hemorrhagic Fever with Renal Syndrome adalah penyakit yang disebabkan melalui udara yang sudah terkontaminasi partikel urin maupun kotoran dari tikus. Gejala dari penyakit ini sangat familiar dengan kehidupan sehari-hari. Gejala tersebut adalah sakit perut, demam, sakit kepala dan penglihatan menjadi buram. Selain itu, penyakit ini akan memberikan efek perubahan warna pada mata, kulit dan wajah menjadi kemerahan. 

Rumah Anda dapat menjadi sumber penyakit jika kebersihan tidak terjaga. Tikus biasanya mendatangi tempat-tempat yang kebersihannya tidak terjaga dan terdapat banyak sumber makanannya. Selain menjaga kebersihan rumah, Anda dapat menggunakan jasa basmi tikus jika keberadaan tikus di rumah Anda memang banyak. Yang pasti, segera lakukan tindakan apabila mendapati ada tikus berkeliaran di rumah.

Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar