6 Manfaat Memiliki Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini

6-Manfaat-Memiliki-Tabungan-Pendidikan-Anak-Sejak-Dini

Semua orang wajib memiliki tabungan sebagai simpanan masa depan lebih baik. Tidak ada yang akan tahu apa yang bakal terjadi nanti, bukan? Sedia payung sebelum hujan menjadi motto yang harus Anda miliki, ya! Ada berbagai macam tabungan yang bisa disisihkan untuk keperluan khusus seperti dana darurat, tabungan haji, tabungan investasi, tabungan pendidikan, dan lain-lain. Sebagai orangtua yang baik, Anda wajib merencanakan tabungan pendidikan anak sejak dini. 

Buat Anda yang mungkin merasa kesulitan untuk menabung, sebaiknya pilih jenis tabungan pendidikan berjangka yang menguntungkan. Anda bisa menentukan setoran tiap bulan dari gaji yang terdebet secara otomatis. Yuk, simak manfaat memiliki tabungan pendidikan untuk buah hati tercinta Anda!

1. Memberikan kepastian pendidikan tinggi untuk anak

Orangtua mana yang tidak ingin memberikan fasilitas terbaik untuk anak tercinta? Ya, semua orangtua pasti menginginkan anak bisa mendapatkan kepastian masa depan yang cerah. Salah satu jalan mendapatkan karir atau cita-cita yang diinginkan adalah menempuh pendidikan setinggi mungkin. Jangan sampai kehendak anak melanjutkan pendidikan sesuai dengan keinginan tidak bisa dipenuhi karena alasan finansial.

2. Bisa memberikan rasa aman dan nyaman

Tabungan pendidikan bisa menjadi ikhtiar orangtua memberikan kesempatan pada anak untuk mendapatkan masa depan cerah. Biarkan anak menentukan jalan hidup yang diinginkan sesuai dengan passion dimiliki lewat pendidikan. Dana pendidikan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi orangtua. Setidaknya Anda tidak perlu terlalu khawatir pada berbagai risiko yang bisa terjadi kemudian hari. 

Hal ini dikarenakan Anda sudah menyiapkan dana pendidikan terbaik untuk anak jika terjadi risiko tidak diinginkan, misalnya kecelakaan, pensiun, PHK, dan sebagainya. Anda tetap bisa menjamin pendidikan si kecil tidak terganggu meskipun mengalami faktor risiko tersebut.

3. Produk tabungan bisa ditentukan pendek atau berjangka lama

Waktu yang digunakan untuk memulai tabungan pendidikan anak bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda ingin menyiapkan kebutuhan biaya pendidikan sejak anak lahir hingga masuk SD, bisa mulai menentukan tabungan pendidikan dengan jangka 2-5 tahun. Nominal yang ingin Anda tabung setiap bulan juga bervariasi bisa ditentukan sesuai dengan kemampuan finansial.

4. Bisa memberikan pengenalan menabung pada anak

Menabung dana pendidikan anak di rumah atau membuat buku rekening atas nama si kecil langsung, sah-sah saja. Dengan berbagai pilihan dan kemudahan menabung, Anda bisa mengenalkan manfaat menabung uang sejak usia muda pada buah hati. Memberikan pengertian manfaat menabung bisa membuat anak semakin semangat menyisihkan uang saku untuk disimpan.

5. Mendapatkan tambahan bunga

Menabung di bank bisa memberikan kelebihan dibandingkan dengan tabungan mandiri di rumah. Anda bisa mendapatkan tambahan dana dari bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan biasa kalau memilih jenis tabungan pendidikan berjangka. Selain itu, tabungan pendidikan berjangka bebas dari biaya administrasi bulanan, lho! Pilih saja produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Bisa mendapatkan fasilitas asuransi

Memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini bisa menjadi solusi mengatasi beban biaya pendidikan saat ia besar kelak. Mengingat biaya pendidikan terus bertambah sepanjang tahun, Anda harus melakukan persiapan sejak sekarang. Segera miliki tabungan pendidikan yang memberikan kemudahan fasilitas asuransi. Biasanya pihak bank menawarkan fasilitas asuransi jiwa secara cuma-cuma sesuai dengan kontrak yang disepakati. 

Berdasarkan ulasan mengenai manfaat tabungan pendidikan anak di atas, sudahkah Anda menyiapkan rencana finansial tersebut? Yuk, miliki kepastian masa depan anak lebih terjamin dengan alokasi dana pendidikan terbaik!

Posting Komentar

0 Komentar