5 Cara Tepat Menggunakan Mesin Cuci Agar Awet

5-Cara-Tepat-Menggunakan-Mesin-Cuci-Agar-Awet

Mengetahui cara mencuci yang benar dengan mesin cuci pasti menghemat waktu. Selain itu, penggunaan mesin cuci yang tepat juga akan menghemat tenaga, air, serta hal-hal lainnya. Untuk itu, Anda sangat butuh sekali mempelajari tentang cara memakai mesin cuci yang benar. Salah satunya adalah memastikan beban cucian sesuai dengan ukuran mesin cuci. Yuk, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cara Tepat Menggunakan Mesin Cuci

Mencuci tidak hanya asal memasukkan pakaian ke dalam tabung cucian, melainkan juga mempelajari banyak sekali tips dan trik untuk efisiensi waktu dan tenaga. Diperlukan keahlian mendasar tentang mencuci agar Anda tidak boros air dan tidak sembarangan dalam menggunakan mesin. Pasalnya, mesin cuci sangat rentan rusak apabila dipakai tanpa kehati-hatian, misalnya saja untuk mencuci namun kelebihan beban.

Jika Anda baru kali ini menggunakan mesin cuci, tidak perlu khawatir. Anda bisa mempelajari beberapa hal berikut ini agar tidak menemui kesulitan dalam mencuci, antara lain :

1. Lihat Label Pakaian

Pertama, lihat dulu label pada pakaian yang hendak Anda cuci. Di label tersebut biasanya akan tertera keterangan tentang pencucian yang seharusnya dilakukan untuk si pakaian tersebut. Jadi misalnya di label tertera “do not wash” dengan tanda silang pada mesin cuci, maka sebaiknya Anda tidak nekat memasukkannya ke dalam mesin. Lebih baik, Anda mencucinya dengan manual.

2. Pisahkan Pakaian Berwarna dan Putih

Jika sudah melihat labelnya, maka langkah selanjutnya adalah memisahkan pakaian berwarna. Jangan pernah mencampur pakaian putih dan pakaian yang berwarna, apalagi yang mudah luntur. Pisahkan kedua jenis tersebut dan cuci dengan masing-masing jenisnya saja.

3. Sesuaikan Beban Cucian dengan Kapasitas Mesin

Ketiga, Anda harus bisa menyesuaikan beban cucian dengan kapasitas mesin. Hal ini sangat penting karena jika Anda mencuci dengan beban yang lebih banyak dibanding ukuran mesin cuci, maka bisa-bisa mesin Anda rusak dan tidak sampai berbulan-bulan, Anda harus membeli yang baru. Tentunya Anda tidak mau ini terjadi, bukan?

4. Gunakan Detergen Secukupnya

Selanjutnya, agar mesin cuci awet dan pakaian tercuci dengan baik, Anda bisa menggunakan detergen secukupnya saja. jangan anggap sepele masalah ini karena memasukkan detergen yang lebih banyak dari kebutuhan cucian malah akan membuat mesin rusak. Hal ini karena sisa-sisa detergen akan mengendap pada mesin dan jika tidak dibersihkan rutin, akan membuat mesin rusak parah.

5. Tentukan Volume Air yang Pas

Terakhir, Anda harus memperhatikan juga berapa volume air yang dibutuhkan untuk mencuci hingga tahap pembilasan. Isi tabung dengan volume yang pas dan jangan sampai luber ke luar mesin karena hal ini dapat mempengaruhi siklus mencuci pada mesin. Apalagi jika Anda mencuci dengan banyak muatan dan banyak detergen. Lengkap sudah penderitaan mesin cuci Anda. Bisa-bisa, esok hari mesinnya sudah rusak.

Selain mencuci dengan langkah-langkah yang tepat, mesin cuci bisa awet jika Anda membeli mesin yang memang kuat. Tidak hanya dari bodinya yang gahar, namun performance mesinnya juga harus garang dalam mencuci walau ada banyak cucian. Tapi tetap jangan lupa, sesuaikan beban dengan ukuran mesin cuci Anda ya.

Demikian ulasan mengenai cara yang benar mencuci pakaian agar pakaian awet dan mesin cuci juga awet. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda yang baru saja membeli mesin cuci dan belum tahu sama sekali cara mencuci di mesin cuci.

Posting Komentar

0 Komentar