10 Kuliner Khas Medan yang Wajib Anda Coba

10-Kuliner-Khas-Medan-yang-Wajib-Anda-Coba

Sebagai salah kota besar yang ada di Indonesia, Medan menjadi tujuan wisata turis lokal dan mancanegara. Tak hanya menawarkan wisata alam dan sejarah saja, Medan merupakan surga wisata kuliner yang memiliki perpaduan makanan berbagai suku bangsa. Kalau Anda tengah berlibur atau memiliki agenda bisnis di Medan, sebaiknya jangan lewatkan berburu kuliner. Berikut 10 kuliner khas Medan yang wajib Anda nikmati!

1. Mie Gomak

Merupakan kuliner khas yang memiliki cara penyajian cukup unik. Mie gomak disajikan dengan cara digenggam dengan tangan yang bisa berbentuk kuah atau goreng yang dibumbui jeruk andaliman.

Tenang saja, banyak olahan mie yang tidak lagi menggunakan genggaman tangan, kok. Mie gomak tetap higienis, terjaga kebersihan dan menawarkan rasa yang enak. Kalau ke Medan, jangan lewatkan untuk mencicipi spaghetti Batak yang terkenal lezat ini, ya!

2. Lontong Medan

Hampir sama dengan lontong sayur kebanyakan, Lontong Medan menjadi salah satu ikon wisata kuliner ibukota Sumatera Utara ini. Isian sayur yang dipakai adalah labu, sayur nangka kuah kuning, wortel, labu siam, dan kacang panjang.

Hal yang membuat citarasa berbeda dari lontong sayur umum adalah penambahan udang dan tauco. Anda juga bisa memilih menambahkan lauk pelengkap seperti rendang, kering tempe teri kacang, telur balado, dan kacang tanah goreng.

3. Bihun Bebek

Bihun bebek merupakan kuliner yang banyak dicari turis saat berada di Medan. Dengan harga murah, seporsi bihun bebek akan membuat perut kenyang. Bihun yang diberikan pelengkap irisan daging bebek rebus, taburan bawang putih goreng, acar, dan cabai rawit sangat lezat dipadukan dengan kuah dari rebusan bebek. Enak, ya?

4. Soto Medan

Soto merupakan kuliner khas Indonesia di berbagai daerah seperti Soto Jawa, Soto Banjar, Coto Makassar, dan lain-lain. Tenang saja, Medan juga punya soto yang tak kalah enak. Kelebihan kuliner khas Medan ini terletak pada kuah kental kuning yang dilengkapi bumbu rempah istimewa. Pilihan lauk pelengkap sangat bervariasi antara lain daging ayam suwir, tauge, telur, perkedel, dan lontong.

5. Sambal Ikan Teri Medan

Dikenal sebagai penghasil teri terbaik di Indonesia, kualitas ikan teri Medan memang diakui jempol. Dapatkan kuliner khas yang banyak tersedia di sekitar kota termasuk oleh-oleh olahan sambal teri yang enak.

6. Kue Ombus-ombus

Pilihan kuliner khas dari kota Medan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kue ombus-ombus. Terbuat dari tepung beras yang berisi gula merah di bagian tengah yang dibungkus daun pisang membuat kue bertekstur lembut, lengket dan manis. Cocok dimakan sebagai kudapan saat menikmati secangkir kopi atau teh panas.

7. Kopi Sidikalang

Di antara kuliner khas lain, kopi Sidikalang wajib menjadi pilihan minuman hangat yang cocok dikonsumsi saat liburan di Medan. Anda bisa menyaksikan proses produksi kopi yang masih tradisional mulai pemilihan biji kopi hingga proses penggorengan. Rasa kopi yang begitu khas membuat Kopi Sidikalang menjadi ekspor andalan Medan. Sebaiknya Anda membeli buah tangan asli Medan yang menawarkan citarasa kopi kompleks tak kalah dengan kopi Brazil.

Membicarakan menu kuliner Medan, masih ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda cicipi seperti sate Padang Medan, saksang, sate kerang, bakso lembu, durian Medan, mie Aceh Medan, dan lain-lain. Dijamin perut Anda bakal kenyang dengan berbagai pilihan menu kuliner khas Medan ini. Yuk, rencanakan agenda liburan ke kota Medan sembari hunting kuliner yang enak bersama orang terdekat Anda!

Posting Komentar

0 Komentar