Beberapa Hal yang Dapat Kita Lakukan saat Pompa Air Rusak

Beberapa-Hal-yang-Dapat-Kita-Lakukan-saat-Pompa-Air-Rusak
Bagi semua orang yang hidup tentu air merupakan kebutuhan utama, apalagi Anda yang ada di Jakarta. Di ibu kota negara berbunga ini, air begitu mahal tapi apa jadinya jika pompa air sumur kita mati? Kita pasti kelabakan mencari “tempat service pompa air jakarta selatan” entah melalui Facebook ataupun Instagram. Sebelum itu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.
Periksa Kondisi Seal Pompa
Kita perlu memeriksa kondisi sel dari pompa air kita. Kerusakan pada sil sudah sangat sering terjadi dan juga merupakan salah satu penyakit dari pompa air. Seal dari pompa air bisa saja berkualitas namun ini akan terus menurun kualitasnya seiring waktu. Pengecekan berkala Mungkin sekitar 2 tahun sekali merupakan hal yang harusnya kita lakukan.
Sil pada pompa yang sudah bocor akan membuat air tidak mau naik ke atas atau tersedot melalui mesin. Hal ini biasanya diatasi dengan cara memasukkan air dari luar ke dalam untuk memancing airnya keluar. Jika pemancingan ini masih dapat dilakukan mungkin itu masih bisa jadi salah satu solusi tapi seiring berjalannya waktu kualitasnya akan terus menurun dan tidak bisa lagi dipancing.
Periksa Sambungan Pipa Bawah
Apabila seal dinilai masih bagus, maka kendala yang paling mungkin dialami adalah bocornya pipa di saluran bawah. Mudah untuk menambalnya tinggal memberikan tambalan yang tak seberapa, namun cara mencapainya begitu susah. Hal inilah yang menjadi kendala lebih hingga akhirnya membiarkan saja berkelanjutan hingga mesin kita menjadi kolaps.
Sambungan pipa bawah ini memang rawan akan kebocoran. Tidak stabilnya permukaan air dari sumur dan kadang juga bergerak membuat pipa disana jauh lebih rawan untuk bocor. Satu-satunya cara jika Anda takut akan ketinggian tentu adalah memanggil profesional yang sudah ahli. Sebenarnya cara untuk menambahnya tidaklah sulit hanya saja tempatnya sulit dijangkau.
Periksa Kipas Dinamo
Kerusakan tipe ini biasanya jarang dijumpai pada pompa air, sebab kipas dinamo biasanya punya build quality yang berbeda dengan bagian lainnya. Bukan hal yang tidak mungkin apabila kita menjumpai adanya kerusakan pada kipas dinamo. Pada kenyataannya kita juga menemuinya kasus kerusakan kipas dinamo seperti kipasnya tidak mau berputar atau hanya bergetar saja.
Kita biasanya menggunakan tangan untuk memutar kipasnya secara manual dan membuatnya mau berputar. Pengecekan pada kipas dinamo dapat kita lakukan setahun sekali untuk mencegah adanya kerusakan yang sudah fatal. Apabila Anda memiliki pompa air yang sudah punya kipas yang agak bermasalah segera perbaiki.
Kerusakan pada kipas dinamo bisa dibilang sulit sebab mulai dari kipasnya lama-kelamaan dapat berefek pada dinamo itu sendiri. Jika dinamo dari pompa sudah rusak maka ya kita bisa siap-siap mengeluarkan uang yang jauh lebih besar lagi untuk mengganti dinamo. Kerusakan itu biasanya terjadi karena hambatan gerak yang diciptakan oleh kipas membuat dinamonya terbakar.
Periksa Kondensor Setelah Cek Listrik
Apabila pompa air kita sudah sama sekali tidak menyala maka kita patut curiga kepada kondensornya. Sebelum kita melihat pada kondensor kita harus mengecek suplai listrik di rumah kita apakah lancar atau tidak. Biasanya kerusakan pada kondensor membuat si pompa tidak  menyala sama sekali.
Bentuk kerusakan kondensor ini jarang bisa diprediksi oleh orang awam.  Jika Anda bertanya mengapa? Maka jawaban yang paling tepat adalah, tidak semua orang tahu bahwa kondensor itu merupakan suplai listrik untuk pompa.
Untuk beberapa orang memang melakukan pengecekan seperti itu saja sudah terasa merepotkan. Terkadang mereka lebih memilih mengambil ponsel mereka lalu mengetik “service pompa air jakarta selatan” hal itu mereka lakukan untuk menyingkat waktu. Daripada kesulitan untuk mencari dan juga mengecek Anda bisa hubungi sejasa.com untuk membantu Anda.

Posting Komentar

0 Komentar