Strategi Pengembangan SDM Guna Hadapi Persaingan Global 2020

Strategi-Pengembangan-SDM-Guna-Hadapi-Persaingan-Global-2020
Sumber: goodnewsfromindonesia.id (https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTGhTWcXdCMQfAc6DZhxeHm2OTI_2QpgJ23uInqzB9OnGx4aTL9)

Persaingan bisnis yang ada saat ini memang sudah sangat ketat. Masyarakat Indonesia tidak hanya dituntut untuk bisa bersaing dengan perusahaan lokal maupun nasional. Persaingan yang sesungguhnya justru menghadapi persaingan dengan luar negeri. Kunci dari keberhasilan ini SDM unggul bersama dengan Kadin.


SDM unggul yang dimaksud akan berkaitan erat dengan pengembangan SDM yang melibatkan pengembangan keterampilan, pengetahuan, loyalitas dalam bekerja, dan lain sebagainya. Perusahaan tidak lagi bisa menolak perkembangan yang memang sudah seharusnya terjadi ini.

Beberapa Strategi Pengembangan SDM Unggul

Ada banyak sekali strategi yang bisa digunakan perusahaan untuk bisa mengembangkan perusahaan. Pastinya pengembangan ini akan memerlukan dana yang tidak sedikit, sehingga sebagian besar SDM perlu untuk diikat dengan adanya kontrak kerja minimal tahunan. Apa saja strategi pengembangan tersebut, bisa kamu simak di bawah ini.

Pelatihan Rutin

Hal paling utama untuk menghadapi globalisasi ekonomi adalah mengadakan pelatihan rutin. Pelatihan ini tidak harus selalu diadakan setiap bulan, perusahaan bisa saja mengadakan pelatihan setahun sekali dengan durasi tertentu, misalkan seminggu. Pelatihan dapat meningkatkan keterampilan seluruh karyawan di bidang masing-masing.

Pendidikan

Apabila sebagian besar dari SDM suatu perusahaan merupakan lulusan SMA, maka perusahaan bisa saja melakukan perubahan peraturan paling tidak karyawan diharuskan untuk meningkatkan strata menjadi D3. Hal ini bisa diberlakukan bagi karyawan yang masih muda, sehingga dapat membantu kinerja perusahaan.

Pembinaan

Dampak globalisasi adalah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Tidak ada perusahaan yang bisa bertahan lama bila tidak melek teknologi. Itulah mengapa banyak perusahaan membina SDMnya dengan mengadakan performance appraisal, dan program-program perencanaan tertentu.

Rekrutmen
 
Salah satu proses yang biasa dipergunakan oleh perusahaan adalah memperketat proses rekrutmen. Ada banyak persyaratan yang diajukan dalam seleksi pegawai. Proses ini dilakukan untuk membentuk pembaharuan perusahaan dan juga pengembangan.

Perubahan Sistem
Salah satu cara yang patut diberlakukan perusahaan adalah melakukan perubahan terhadap sistem yang sudah ada dalam perusahaan. Tujuan dari perubahan sistem ini berfungsi untuk mengantisipasi ancaman eksternal, sehingga kualitas SDM perlu ditingkatkan.

Manfaat Memberlakukan Strategi Pengembangan SDM Unggul

Apabila kamu memiliki UMKM, maka kamu juga perlu untuk memberlakukan strategi tersebut. Pastinya akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja.


1. Memiliki SDM Kompeten
 
Keberlangsungan perusahaan dapat berjalan dengan baik saat HRD mampu menempatkan orang berkompetensi sesuai dengan bidang kompetensinya di posisi yang tepat. Hal ini dapat membuat perusahaan dapat berkembang menghadapi persaingan global dengan lebih optimal.

2. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan dan Efektivitasnya
 
Adakalanya perusahaan memiliki SDM yang tidak lagi dapat bekerja secara efisien dan efektif dengan adanya globalisasi ekonomi. Hal ini mendorong perusahaan untuk membuat sistem perencanaan yang tepat dengan penempatan ulang dan pembinaan SDM. Hal ini dapat pegawai yang ada mampu berkontribusi secara tepat di perusahaan.

3. Menghemat Biaya
 
Sebagian besar perusahaan melihat bahwa training, pembinaan, dan seminar yang diberikan kepada pegawai sebagai biaya yang akan membebani perusahaan. Padahal tujuan dari seluruh aktivitas tersebut bila dilihat jangka panjang, maka akan lebih menguntungkan perusahaan.

Misalkan saja, karyawan jadi tahu cara input data dengan lebih cepat dan akurat, proses produksi bisa meminimalisirkan kerusakan produk, dan lain sebagianya. Ujung-ujungnya sudah pasti bisa lebih menghemat biaya bukan.

4. Menciptakan Suasana Proaktif
 
Mewujudkan seluruh strategi pengembangan SDM dapat membantu perusahaan untuk dapat berkembang lebih unggul. SDM yang tepat dapat menimbulkan suasana proaktif dalam perusahaan. Sudah pasti hall ini akan berdampak positif pada perusahaan.

Kamu sekarang sudah paham akan strategi pengembangan SDM unggul untuk perusahaan bukan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan memberlakukan hal tersebut. Kamu juga bisa lebih update tentang informasi tersebut dengan bergabung bersama Kadin Indonesia guna pengembangan SDM.

Posting Komentar

0 Komentar