Mengenal Prosesor Intel Berdasarkan Generasinya

Mengenal-Prosesor-Intel-Berdasarkan-Generasinya
Tahun 2019 ini, Intel telah meluncurkan prosesor generasi 10 yang merupakan seri terbarunya. Intel selalu berusaha berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk menghadirkan prosesor yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas. Dengan diluncurkannya generasi prosesor Intel ke-10 ini, secara tidak langsung membuktikan kepedulian Intel terhadap para pekerja dengan mobilitas tinggi.

Daftar Lengkap Prosesor Intel
Meskipun tidak setiap tahun meluncurkan prosesor generasi terbarunya, Intel berkomitmen untuk selalu menghadirkan prosesor yang mampu menjawab tantangan zaman. Di bawah ini adalah urutan prosesor Intel berdasarkan generasinya, lengkap dari generasi pertama sampai dengan generasi yang paling baru :

1. NEHALEM
Generasi pertama dari prosesor Intel diberi nama Nehalem. Prosesor ini diluncurkan pada tahun 2008 dengan menggunakan teknologi fabrikasi sebesar 45 nm.

2. SANDY BRIDGE
Sandy Bridge merupakan kode nama untuk generasi kedua prosesor dari Intel. Prosesor yang diluncurkan tahun 2011 ini lebih ringkas dan efisien karena menggunakan teknologi fabrikasi 32 nm. Inovasi yang diusung oleh prosesor generasi ini adalah dibenamkannya GPU atau sistem pengolah grafis ke dalam prosesor.

3. IVY BRIDGE
Generasi prosesor Intel yang ketiga dikenal dengan kode nama Ivy Bridge. Prosesor ini diluncurkan pada awal tahun 2012. Dengan menggunakan teknologi fabrikasi 22 nm, prosesor ini jauh lebih ringkas dan efisien dibanding generasi pendahulunya. Inovasi lainnya yang dibawa oleh prosesor generasi ketiga ini adalah adanya dukungan untuk colokan port USB 3.0 dan PCIe 3.0.

4. HASWELL
Prosesor Intel generasi keempat dikenal dengan kode nama Haswell. Prosesor ini diluncurkan pada tahun 2013. Untuk teknologi fabrikasi, tidak ada perubahan dari generasi sebelumnya, yaitu 22 nm. Inovasi yang diusung oleh prosesor ini adalah GPU dengan performa yang lebih baik dan kecepatan prosesor yang meningkat hingga 3.4 GHz.

5. BROADWELL
Generasi prosesor Intel yang kelima diluncurkan pada tahun 2015 dan dikenal dengan nama Broadwell. Dengan teknologi fabrikasi yang lebih kecil, yaitu 14 nm, membuat prosesor ini lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil, performa prosesor generasi kelima ini jauh lebih baik.

6. SKYLAKE
Generasi keenam dari prosesor Intel dikenal dengan kode nama Skylake. Teknologi fabrikasi yang digunakan masih sama dengan generasi sebelumnya, yaitu 14 nm. Perbedaannya terletak pada penyematan teknologi Speed Shift yang mampu menambah kecepatan prosesor hingga mencapai 50% dari generasi sebelumnya. Meskipun memiliki performa yang lebih cepat, Skylake tetap hemat daya.

7. KABY LAKE
Kaby Lake adalah prosesor Intel generasi ketujuh. Prosesor generasi ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm namun dengan performa yang lebih cepat 12% dari prosesor generasi keenam.

8. COFFEE LAKE
Coffee Lake adalah kode nama untuk generasi prosesor Intel kedelapan dan kesembilan. Beberapa prosesor generasi ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm dan sebagian lainnya sudah upgrade ke 10 nm.

9. ICE LAKE
Prosesor Intel generasi 10 diluncurkan pada tahun 2019 dan diberi nama Ice Lake. Keunggulan prosesor generasi 10 ini adalah disematkannya teknologi Artificial Intelligent (AI) untuk mendukung kinerja prosesor yang lebih baik.

10. COMET LAKE
Comet Lake adalah seri lain dari prosesor Intel generasi kesepuluh. Prosesor ini diluncurkan sebulan setelah diluncurkannya Ice Lake. Intel mengklaim bahwa prosesor ini jauh lebih baik dalam hal performa dibandingkan dengan Ice Lake.

Nah, itulah 10 generasi prosesor Intel mulai dari yang pertama muncul hingga yang paling baru. Kemunculan prosesor dengan generasi terbaru ini tidak lain untuk menunjang kebutuhan manusia dalam melaksanakan pekerjaannya, terutama pekerjaan dengan mobilitas tinggi serta membutuhkan kinerja prosesor yang handal dan cepat.

Posting Komentar

0 Komentar