8 Gangguan Kesehatan yang Pengobatannya Bisa Dipercayakan Pada Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Endokrin-Metabolik-Diabetes)


Sudah menjadi tugas penting bagi seorang dokter untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang diderita oleh pasiennya, hanya saja masalah kesehatan yang terjadi pada setiap orang pada dasarnya memang berbeda-beda, sehingga membutuhkan jenis penanganan yang berbeda pula. Itulah mengapa setiap dokter memiliki spesialisasi penanganan yang juga sangatlah beragam, menyesuaikan dengan bidang ilmu yang dipelajarinya. Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda mengenai dokter spesialispenyakit dalam (endokrin-metabolik-diabetes).

Ini termasuk sebagai salah satu bagian khusus yang sering kali dipilih oleh pasien untuk menjalani pengobatan, tentunya dengan kondisi kesehatan yang berhubungan dengannya. Apalagi masalah kesehatan yang berhubungan dengan endokrin ini juga termasuk sebagai gangguan yang sifatnya cukup sering dialami. Kelenjar endokrin yang ada di dalam tubuh manusia ini pada dasarnya memang terdiri dari berbagai kelenjar, termasuk diantaranya adalah adrenal, pankreas, paratiroid, hipofisis, testis, indung telur dan masih banyak lagi diantaranya. Kelenjar-kelenjar tersebut nantinya akan melepaskan berbagai macam hormon.

Ada yang mengalami beberapa jenis penyakit ini, maka pengobatan bisa dilakukan ke spesialis penyakit dalam (endokrin-metabolik-diabetes) diantaranya adalah:

  1. Diabetes, penyakit yang tentunya sudah sering Anda dengar bukan, gangguan kesehatan yang umum dialami orang-orang yang sudah memasuki usia lanjut di atas 35 tahun, umumnya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat dan juga berat badan berlebih. Kondisi kesehatan yang satu ini memang berbahaya, karena beresiko tinggi menyebabkan komplikasi dengan masalah kesehatan yang lainnya, sehingga butuh penanganan secara khusus.
  2. Hipertensi, tekanan darah tinggi terjadi karena jantung dipaksa bekerja terlalu keras dalam memompa darah, faktor penyebabnya bisa karena sumpatan yang terjadi pada pembuluh darah, sehingga kemudian alirannya juga terganggu karena terlalu sempit, jika tidak segera ditangani maka dampaknya juga sangat serius, karena bisa merusak jantung.
  3. Berat badan dan juga metabolik, seperti kalangan yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, hingga kondisi sebaliknya, yaitu memiliki berat badan terlalu kurus, meskipun sudah mengkonsumsi makanan secara teratur dan dalam jumlah banyak, hal ini berhubungan dengan tiroid.
  4. Kolesterol tinggi, kolesterol atau yang dikenal sebagai lemak jahat. Jika jumlahnya terlalu berlebih di dalam darah, maka dapat memicu beragam jenis penyakit berbahaya, seperti diantaranya adalah tekanan darah tinggi hingga merusak kondisi jantung.
  5. Infertilitas, istilah lainnya adalah kemandulan, baik itu yang dialami oleh pria maupun wanita, sehingga membuat mereka kesulitan di dalam mendapatkan buah hati atau keturunan.
  6. Menopouse, biasanya bagi wanita yang sudah memasuki usia lanjut memang waktunya untuk mengalami menopouse, hal ini menyebabkannya tidak bisa memiliki keturunan lagi dan juga berdampak pada beberapa kondisi kesehatan.
  7. Penyakit tiroid, banyak sekali masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelenjar tiroid ini, penanganannya juga harus dilakukan secara khusus diantaranya pada dokter spesialis penyakit dalam ini.
  8. Gangguan yang berhubungan dengan kelenjar, diantaranya adalah kelenjar adrenal maupun kelenjar pitutiari.

Dokter ini juga melakukan penanganan pada berbagai macam gangguan endokrin, termasuk yang dialami oleh anak-anak dan sangat mempengaruhi pertumbuhan mereka memasuki usia remaja. Spesialis penyakit dalam (endokrin-metabolik-diabetes) biasanya dapat ditemukan di rumah sakit berdasar, sehingga jika seandainya di rumah sakit yang Anda tuju tersebut tidak ada bagian yang satu ini, maka nantinya akan dirujuk ke beberapa rumah sakit besar yang memiliki subspesialis tersebut, sehingga tidak perlu khawatir.

Posting Komentar

0 Komentar