7 Ide Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

7-Ide-Usaha-Sampingan-Bagi-Ibu-Rumah-Tangga
Sekarang ini, sangat banyak peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan dari rumah. Bisnis tersebut tidak memerlukan modal yang besar dan tentu saja tanpa ribet. Sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mengembangkan bisnis tak terkecuali dengan ibu rumah tangga. Perkembangan tersebut terjadi berkat munculnya trend baru dari kegiatan konsumsi masyarakat berkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. 

Usaha Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga
Berbagai macam penjualan dan promosi produk memang saat ini lebih banyak dilakukan di sosial media. Sehingga sangat mungkin bagi Anda untuk memiliki usaha walaupun tanpa memiliki kios ataupun tempat berjualan tertentu. Jangka waktu bisnis juga dapat Anda sesuaikan dengan kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga. Penasaran apa saja peluang bisnis yang bisa Anda jalankan dari rumah tanpa ribet? Simak ulasannya ya!

  1. Catering
Buat Anda yang suka memasak baik kue ataupun makanan, dapat membuka usaha catering. Usaha ini fleksibel dan menjanjikan karena segala jenis acara membutuhkan catering baik kue ataupun makanan berat. Semakin bervariasi dan memiliki rasa enak, akan banyak pelanggan yang memesan makanan ke tempat catering Anda. Apalagi jika produk Anda banyak menggunakan inovasi keren.

  1. Laundry
Jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah laundry. Usaha ini dapat Anda lakukan cukup dengan menyediakan mesin cuci dan setrika. Anda juga bisa mempekerjakan beberapa orang sehingga Anda tinggal mengecek beberapa hal saja. Cukup memastikan bahwa usaha berjalan dengan lancar.

Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan mahasiswa atau pekerja. Peluangnya akan semakin tinggi untuk membuka laundry. Semakin besar usaha, maka tingkatkan juga layanan yang diberikan seperti cuci karpet, boneka, dan barang-barang yang lain.



  1. Online Shop atau Reseller
Bisnis atau usaha sampingan yang satu ini memang diminati banyak orang karena tidak perlu ribet dan dapat dijalankan kapanpun dan dimanapun. Anda tinggal mencari barang modal yang ingin dijual kemudian promosi menggunakan sosial media, untuk kemudian mengirimkan barang yang dipesan oleh konsumen. Tidak perlu memiliki toko atau ruang untuk berjualan.

Apalagi jika Anda menjadi reseller. Akan lebih mudah karena tinggal menjual produk yang sudah ada. Tanpa perlu melakukan stock, packing, dan pengiriman. Cukup menjual produk sampai ada yang membeli. Agen yang akan mengirimkan barang yang dipesan oleh konsumen dan Anda akan mendapatkan komisi. Sangat mudah bukan untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga?

  1. Kursus dan Les Privat
Peluang usaha ini tidak perlu dilakukan di luar rumah. Anda cukup memberikan informasi bahwa di rumah Anda menyediakan les privat. Tergantung siapa sasaran Anda. Bisa les bagi siswa SD, SMP, SMA atau les bahasa. Kursus juga bisa Anda lakukan seperti kursus piano, memasak, atau alat musik yang lain. Anda dapat mengembangkan kemampuan Anda sekaligus mendapatkan keuntungan.

  1. Daycare
Saat ini jumlah orang tua yang bekerja semakin banyak, sehingga usaha daycare menjadi ramai. Jadi jika Anda memiliki tempat yang luas dan nyaman bisa Anda gunakan sebagai daycare untuk anak-anak. Selain mengajak bermain anak sendiri, Anda dapat mengajarkan sosialisasi dengan anak lain. Tidak perlu keluar rumah Anda sudah bisa mengembangkan bisnis yang menjanjikan.

  1. Berjualan perlengkapan dan makanan bayi
Bisnis ini cocok untuk lingkungan yang memiliki banyak anak kecil. Cobalah untuk menjual peralatan dan makanan untuk bayi. Biasanya makanan seperti bubur bayi memiliki pelanggan yang cukup banyak. Untuk peralatan bayi, selain menjual Anda juga bisa menyewakannya.

  1. Penulis
Salah satu pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari rumah adalah menjadi penulis lepas. Sekarang ini banyak sekali permintaan atas penulis konten dengan berbagai fokus penulisan. Jadi Anda tetap dapat mengurus rumah sekaligus memiliki penghasilan melalui tulisan yang Anda buat. Atau bisa juga Anda menyelesaikan menulis sebuah buku jika menganggapnya sebagai hobi.




Demikian beberapa pilihan usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Masih banyak bisnis lainnya seperti agen asuransi, menjual produk kecantikan dan kesehatan, menjahit, membuat kerajinan dan lain-lain. Anda tinggal menyesuaikan bisnis dengan ketertarikan dan minat Anda dimana. Lakukan dengan sungguh-sungguh supaya bisnis Anda dapat berkembang dan berdaya saing.

Posting Komentar

0 Komentar